Kunjungan Industri Angkatan 2015

Kegiatan kunjungan industri ini merupakan misi dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Sebagai langkah awal pengimplementasian bidang keilmuan industri dan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa. Peningkatan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa ini dapat dijadikan modal besar untuk dapat bersaing di dunia kerja. Belajar langsung untuk mengetahui proses-proses manufaktur sekaligus mempelajari seluk-beluk dunia kerja yang akan ditempuh di masa yang akan datang. Kunjungan industri ini dapat menjadi gambaran dan pengalaman yang bermanfaat bagi mahasiswa, maupun dosen pengajar.

Mahasiswa Teknik Industri UIN Sunan Kalijaga angkatan 2015 kembali melaksanakan program rutinan yaitu kunjungan industry pada tanggalSenin, 25 September 2017 dengan agenda berangkat pada pukul 06.00 WIB dengan Tujuan PT.Indofood Semarang, selanjutnya berkunjung PT. Sidomuncul Semarang dan masjid Agung Semarang pukul 08.00 WIB kembali ke Yogyakarta. Penyelenggaraan Kunjungan Industri Program Studi Teknik Industri Fakultas SAINS dan Teknologi Universitas Islam NegeriSunan Kalijaga dilaksanakan dengan mengacu pada landasan hukum keputusan rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta nomor : 151.C tanggal 31 juli tahun 2013.

Pada kunjungan industry kali ini 2 perusahaan besar yaitu PT. Indofood Semarang dan PT. Sidomuncul Semarang. Dengan di damping dengan 1 dosen prodi teknik industri yakniSyaiful Arif. S.T., M.T,. Kunjungan kali ini diikuti oleh 42 mahasiswa aktif angkatan 2015. Kunjungan Industri ini berlangsung selama 1 hari. untuk kesiapan dalam menjalankan acara atau kegiatan Kunjungan Industri ini di bentuk panitia yang berjumlah 5 orang dengan ketua panitia Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T,. untuk mempersiapkan acara atau kegiatan ini panitia mengadakan rapat dua bulan sebelum acara dimulai dan panitia juga melakukan rapat rutin setiap satu minggu sekali yang dilaksanakan pada hari sabtu. Dalam persiapan acara atau kegiatan ini panitia menyususn apa saja yang harus disiapkan untuk acara Kunjungan Industri tersebut mulai dari sekretaris yang membuat surat-surat untuk perijinan tempat KI dan persewaan perlengkapan yang dibutuhkan,bendahara yang mengatur pemasukan serta pengeluaran dana maupun konsumsi selama Kunjungan Industri,devisi acara menyususn acara atau kegiatan selama Kunjungan Industri berlangsung,devisi perlengkapan sekaligus merangkap PDD menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan,menyiapkan banner serta mengambil gambar saat Kunjungan Industri berlangsung.

Sasaran dari kegiatan Kunjungan industry adalah untuk memberikan bekal pengalaman agar mahasiswa mendapat gambaran nyata dalam dunia industri dan gambaran untuk kerja praktik pada semester 7. Bagi mahasiswa kunjungan industri dapat menjadi wacana dan wawasan baru sehingga dapat mengetahui implementasi dari bidang keilmuan yang sudah dipelajari di bangku perkuliahan. Bagi dosen dan pengajar, kegiatan ini dapat menjadi salah satu inovasi metode pembelajaran yang sangat besar manfaatnya serta bagi instansi kunjungan teknik industri ini dapat menjalin kerjasama antara program studi dengan masing-masing perusahaan yang dikunjungi.

Berita Terkait

Berita Terpopuler