Profil Laboratorium Terpadu

Berikut adalah Profil dari masing-masing Laboratorium dalam Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Laboratorium Biologi

Profil Umum

Laboratorium Biologi merupakan satu dari 6 laboratorium di bidang sains dan teknologi yang ada di laboratorium terpadu, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diresmikan pada bulan Februari 2008, laboratorium biologi memiliki tiga fungsi utama,

  1. Laboratorium biologi sebagai penunjang kegiatan akademik di laboratorium untuk program studi biologi serta pendidikan biologi, maupun program studi lainnya yang terkait.
  2. Memfasilitasi kegiatan penelitian dosen, mahasiswa, maupun umum dalam bidang biologi sains maupun biologi terapan.
  3. Memberikan pelayanan kepada publik, baik dalam bentuk pelatihan, magang, produk laboratorium, maupun jasa konsultasi di bidang biologi.

Bertempat di lantai 3 Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga, laboratorium biologi terdiri atas satu laboratorium kelas yang dilengkapi dengan ruang asisten, enam laboratorium research yang dilengkapi dengan ruang diskusi, ruang researcher, ruang persiapan pendidikan biologi, ruang penyimpanan bahan kimia, ruang administrasi, animal housing dan greenhouse.

Laboratorium Fisika

Profil Umum

Laboratorium ini berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan ketrampilan dan keilmuan mahasiswa dalam menggunakan komponen elektronika sebagai alat bantu untuk memahami menyelesaikan beberapa kasus di bidang elektronika dan instrumentasi. Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi juga digunakan untuk sarana penelitian mahasiswa serta pengembangan produk berbasis intrumentasi fisika.

Laboratorium Kimia

Profil Umum

Laboratorium Kimia terletak di glantai 2 gedung Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dilengkapi dengan peralatan laboratorium yang canggih dan fasilitas penunjang. Laboratorium ini dibangun untuk mendukung layanan akademis seperti praktikum dan penelitian di berbagai cabang ilmu kimia serta mendukung layanan publik kepada masyarakat seperti jasa pengujian dan analisis sampel.

 

Laboratorium Teknik Industri

Profil Umum

Teknik industri (Industrial and system engineering) adalah keilmuan teknik yang menekankan pada perancangan, perbaikan, dan pemasangan sistem terintegrasi. Sistem terdiri dari peoplematerialsinformationequipment dan energy. Dengan menggunakan pengetahuan khusus, kemampuan matematika, fisika, ilmu sosial, prinsip/metode analisis & perancangan rekayasa, keilmuan teknik industri menspesifikasikan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari suatu sistem.

 

Laboratorium Teknik Informatika

Profil Umum

Laboratorium teknologi informasi memiliki misi yang luas mendukung industri dan universitas dengan mempromosikan inovasi dan daya saing industri melalui kemajuan teknologi informasi dengan cara yang meningkatkan pembangunan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup. Laboratorium ini terletak di tingkat 4 laboratorium terpadu  universitas Isam Negeri Sunan Kalijaga yogyakarta. Laboratorium bidang yang ada di laboratorium ini adalah; Laboratorium Sistem Informasi, Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak dan laboratorium Sistem Jaringan dan Komputer, dan laboratorium Kecerdasan buatan