Inisiasi Implementasi Sni Iso/Iec 17025:2008 Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Kalibrasi

Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai Laboratorium Pengujian terakreditasi yang telah memenuhi persyaratan SNI ISO/IEC 17025:2008 “Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi” dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Akreditasi sebagai Laboratorium Pengujian merupakan satu awal yang baik untuk mendukung tercapainya cita-cita riset universityworld class university.

Sejalan dengan keberhasilan tersebut, Laboratorium Terpadu senantiasa terus berusaha meningkatkan daya saing dan kualitas layanannya dalam mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu yang dilakukan adalah dengan berusaha kembali mendapatkan akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 sebagai Laboratorium Kalibrasi

Kalibrasi adalah kegiatan yang dalam kondisi tertentu, pada tahap pertama, menetapkan hubungan antara nilai besaran dan ketidakpastian pengukuran yang diberikan oleh standar pengukuran dan penunjukan terkait dengan ketidakpastian pengukurannya, dan pada tahap kedua, menggunakan informasi ini untuk menetapkan sebuah hubungan untuk memperoleh hasil pengukuran berdasarkan suatu penunjukan. Kalibrasi diperlukan untuk memastikan kesetaraan hasil pengukuran yang dilakukan oleh berbagai pihak yang berkepentingan. Kesetaraan hasil pengukuran oleh berbagai pihak ini merupakan pra-syarat sehingga pengakuan terhadap hasil-hasil penilaian kesesuaian dapat diterima dengan baik.

Proses inisiasi ini diwujudkan dalam kegiatan Pelatihan Pengukuran dan Kalibrasi Anak Timbangan dan Timbangan Analitik. Kegiatan ini bekerjasama dengan Pusat Penelitian Metrologi (P2M)-LIPI. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 17-19 November 2015.  Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Dosen dan PLP di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dari pelatihan ini diharapkan personel laboratorium mempunyai kemampuan kalibrasi yang memadai guna mmewujudkan Laboratorium Kalibrasi terakreditasi yang memenuhi persyaratan dalam SNI ISO/IEC 17025:2008 “Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi” sehingga memberikan Competitive Added Value bagi Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi maupun UIN Sunan Kalijaga guna mencapai tujuan perguruan tinggi menuju riset university-world class university

page web