Laboratorium Kimia

Laboratorium kimia terletak di gedung Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga lantai dua yang dilengkapi dengan peralatan laboratorium yang canggih dan fasilitas penunjang. Laboratorium ini dibangun untuk mendukung layanan akademis seperti praktikum dan penelitian di berbagai cabang ilmu kimia serta mendukung layanan publik kepada masyarakat seperti jasa pengujian dan analisis sampel.

1. Laboratorium kimia terpadu

Laboratorium ini dikhususkan untuk bidang pengembangan akademik, yang merupakan sarana bagi mahasiswa untuk melakukan berbagai praktikum sesuai dengan kurikulum yang ada dan untuk mendukung upaya mengaplikasikan teori yang telah didapat dalam mata kuliah terkait.

Laboratorium ini dilengkapi dengan oven, lemari asam, pH meter digital, neraca analitik, hotplate magnetic stirrer, turbidimeter, spectoronic 20D, mikroskop, pompa vakum, peralatan gelas, dan alat pendukung lainnya.

2. Laboratorium kimia fisik dan organik

Laboratorium ini dikhususkan untuk bidang kajian sintesis dan karakterisasi suatu bahan-bahan organik dan juga uji fisika suatu bahan.

Laboratorium ini dilengkapi dengan blender, kalorimeter, konduktivitas meter digital, evaporator, refraktometer,vortex mixer, viscometer, dan alat pendukung lainnya.

3. Laboratorium analitik dan anorganik

Laboratorium ini dikhususkan untuk bidang kajian analisis dan bahan-bahan anorganik seperti logam dan material lainnya.

Laboratorium ini dilengkapi dengan digital melting point, furnace, polarimeter, sieve shaker, dan alat pendukung lainnya.

4. Laboratorium biokimia

Laboratorium ini dikhususkan untuk bidang kajian biokimia seperti analisis bahan pangan, metabolit sekunder, screening dan pemanfaatannya sebagai senyawa obat.

Laboratorium ini dilengkapi dengan centrifuge, electrophoresis horizontal dan vertical, incubator, shaking waterbath, autoclave, laminar air flow cabinet dan alat pendukung lainnya.

5. Laboratorium kimia instrument

Laboratorium ini dikhususkan untuk analisis kualitatif dan kuantitatif bahan-bahan tertentu serta uji karakterisasi hasil sintesis suatu bahan.

Laboratorium ini dilengkapi dengan Atomic Absorption Spectroscopy (AAS), Spectrophotometer UV-Visible, High Perfomance Liquid Chromatography (HPLC), Surface Area Analyzer (SAA), Fourier Transform Infra Red (FTIR) dan Gas Chromatography Mass Spectroscopy (GC-MS)