Laboratorium Teknik Industri

Laboratorium Teknik Industri medukung semua praktikum yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Laboratorium yang ada di bidang Teknik Industri adalah sebagai berikut:

a. Laboratorium APK dan Ergonomi.

Laboratorium yang berfungsi sebagai sarana untuk menganalisis dan merancang suatu sistem kerja  dan peralatan yang ergonomis (aman, nyaman, dan sehat).

Praktikum yang dilaksanakan adalah Praktikum Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi. Modul yang diselenggarakan dalam praktikum ini adalah: Perancangan Lingkungan Kerja, Micromotion Study, Fisiologi, antropometri, work sampling, Reba, dan Rula.

b. Laboratorium CNC.

Computer Numerical Control adalah sebuah sistem otomatisasi mesin perkakas yang dikendalikan secara numeris dengan memprogram langsung pada mesin perkakas yang digunakan menggunakan G Code atau dengan menggambar produk yang akan dikerjakan pada komputer yang kemudian mesin dikendalikan oleh komputer untuk mengolah bahan menjadi produk yang telah dirancang.

Mesin CNC yang dimiliki oleh laboratorium Computer Numerical Control adalah Mesin Lathe dan Mesin Mill. Untuk memprogram mesin CNC melalui komputer digunakan perangkat lunak MTS TopCAM yaitu sebuah perangkat lunak untuk mesin CNC buatan MTS Mathematisch Technische Software-Entwicklung GmbH, Jerman. Laboratorium Computer Numerical Control juga dilengkapi dengan 10 komputer yang dapat digunakan untuk merancang produk yang akan dikerjakan oleh mesin CNC.Laboratorium ini mendukung praktikum Proses Manufaktur.

c. Laboratorium Computer Integrated Manufacturing (CIM).

Laboratorium CIM adalah laboratorium otomasi yang didalamnya terdapat beberapa station yang digabungkan menjadi satu oleh server dan dijalankan dengan main control sebagai pusat kendali CIM, laboratorium ini merupakan miniatur dari sebuah pabrik canggih yang dalam pengoperasiannya sudah menggunakan mesin sebagai tenaga utama dan meminimalisir intervensi manusia. Praktikum yang diselenggarakan di Laboratorium ini adalah Praktikum Perancangan Teknik Industri.

Laboratorium CIM terdiri dari 8 station antara lain:

1)      ASRS (automatic Storege Retrival System)

Berfungsi untuk menyimpan  row materian secara otomatic dan mengambil material yang tersimpan untuk dipindahkan ke konveyor untuk diproses ke mesin CNC Lathe

2)      CNC Lathe Station

Berfungsi untuk mengerjakan material untuk diproduksi yang berbentuk silinder,mesin ini dalam pengoperasiannya menggunakan program yang sudah disimulasikan sebelumnya di TOPCAM Simulation software.

3)      CNC Mill Station

Berfungsi untuk mengerjakan material untuk diproduksi yang berbentuk persegi ,mesin ini dalam pengoperasiannya menggunakan program yang sudah disimulasikan sebelumnya di TOPCAM Simulation software.

4)      Robot Arm Station

Berfungsi untuk memindahkan material yang berjalan di conveyor baik sebelum ataupun setelah dikerjakan oleh CNC Mesin

5)      Motor Transfer Station

Berfungsi untuk memindahkan badan robot ke beberapa posisi yang telah deprogram sebelumnya

6)       Server

Berfungsi untuk mengabungkan beberapa computer yang telah terhubung dengan masing-masing station, sebagai penghubungnya digunakan software SCADA sebagai program applikasinya

7)      Vision Station

Berfungsi untuk melihat hasil pengerjaan material yang sudah dikerjakan sebelumnya secara otomasi, sebagai penghubungnya digunakan software SCADA sebagai program applikasinya

8)      Assembly Station

Berfungsi untuk menggabungkan atau merakit material yang sudah dikerjakan untuk dijadikan satu secara otomasi, sebagai penghubungnya digunakan software SCADA sebagai program applikasinya

d. Desicion Support System Laboratory.

Laboratorium ini digunakan untuk Praktikum Statistik Industri. Laboratorium ini dilengkapi dengan alat peraga untuk membantu mahasiswa dalam mengenal dan mengaplikasikan ilmu statistika.

e. Industrial Development System Laboratory.

Laboratorium ini memiliki 21 unit PC  dengan spesifikasi PENTIUM IV 3.20GHz, RAM 512 MB, HDD 80 GB, CDROM, FDD 1.44MB. Kegiatan Praktikum yang dilaksanakan di laboratorium ini adalah Praktikum Menggambar Teknik, Praktikum Pemrograman dan Dasar komputer, Praktikum Komputasi Industri, Praktikum  Perancangan Teknik Industri , Praktikum Simulasi Komputer. Software yang digunakan untuk mendukung kegiatan praktikum antara lain AutoCad, C/C++, Delphi, Visual Basic, WinQSB, SPSS, dan Minitab, Lindo, MPS & MRP Software, POM Promodel, Arena , Automod dan PowerSim.

 f. Work Shop Industry (WSI).

Laboratorium ini mempunyai peralatan utama yaitu: mesin mill, mesin bubut, mesin bor, dan beberapa peralatan bengkel industri. Laboratorium ini digunakan untuk praktikum Proses Manufaktur. Modul yang ada adalah: Kerja bangku, kerja dengan mesin (Mesin Mill, Mesin Lathe/ bubut).